Overthinking

(n.) the action of thinking about something too much, in a way that is not useful


source:pinterest


Overthinking salah satu hal yang bisa dibilang cukup sering gue alami dan jujur itu mengganggu banget. Dalam ilmu psikologi sendiri, overthinking merupakan salah satu faktor terjadinya stress yang harus dihindari oleh semua orang. Perlu digaris bawahi; harus dihindari oleh semua orang. Sedangkan gue seringkali terjebak dalam overthinking itu sendiri.  

Sekedar cerita terkait pengalaman gue tentang overthinking. Awalnya gue sedikit menyepelekan overthinking, karena biasanya gue ngalamin ini pas malem hari sebelum gue tidur. Overthinking nya pun masih hal-hal biasa yang mungkin sepele tapi dilebih-lebihkan. Yaa paling nge-overthinkingin masa depan. Itupun ga selalu setiap malem gue overthinking. Tapi salah satu overthinking yang pernah gue alami saat itu tuh beda. Overthinking kali ini bener-bener bikin kacau semuanya. 

Entah, tapi menurut gue ini parah. Gue sampai ga bisa tidur, ga nafsu makan, bahkan pas ada orang yang ngobrol sama gue, gue ga fokus sama apa yang dia omongin, saking tenggelamnya gue sama overthinking itu. Ya, overthinking kali ini beda banget, karena ini beneran kejadiannya hampir seminggu berturut-turut nonstop. Gue kewalahan dan capek sendiri. Kaya ada sesuatu yang ganjel di hati sama pikiran gue, tapi gue gatau gimana ngatasinnya. Pas itu emang gue lagi banyak pikiran, tapi gue ga expect bakal separah ini jadinya. 

Capek, capeeek banget. 

Gue sampe tarik nafas panjang tiap detik tapi percuma ga bikin tenang. Gue juga nyoba ngalihin buat baca buku sama denger lagu tapi tetep aja, pikiran gue masi digentayangin sama si overthinking itu. Iya gue baca buku, tapi gue ga dapet inti cerita dari buku itu, karena sepanjang baca buku gue overthinking.

Gue kayak orang bego saat itu. Umi gue sempet nelfon pas itu, tapi karena gue ga fokus gue malah ngelamun dan gak tau apa yang umi gue omongin. Sampe akhirnya umi gue bilang, "kamu lagi sibuk ya kak? Umi matiin aja ya telfonnya". Cuma itu kata-kata yang gue tangkep dari umi gue. Dan gue masih ga ngerespon itu. Bahkan setelah telfon itu mati gue masi nempelin hp nya di telinga gue saking ga fokusnya.

Sampe akhirnya gue ngerasa gue harus ngeluapin overthinking ini, gue harus cerita ke temen-temen. Tapi pas mereka udah bersedia mau dengerin gue, gue malah bingung, apa yang harus gue ceritain.  Temen gue sampe bilang, 'baru kali ini key gue ketemu orang yang beneran overthinking'. Sampe akhirnya mereka ngasi gue kata-kata motivasi banyaak banget. 

Sempet gue coba tidur buat ngatasin overthinking ini, dan yaa cukup bekerja dengan baik. Agak mendingan, kaya beberapa beban mulai hilang. Tapi itu cuma bekerja sementara doang, dan besoknya gue overthinking lagi. 

Sampe akhirnya gue nyampe di fase terakhir overthinking gue. Di fase itu gue sempet mikir 'apa gue bipolar ya?' karena pas itu gue moodswing parah. Yang awalnya gue overthinking akut, tiba-tiba gue seneng se-seneng senengnya seneng, sampe gue pengen loncat loncat di atas kasur, terus tiba-tiba gue bete dan overthinking lagi. Disitu gue seneng punya alesan juga ya, jadi bukan gila beneran wkwk. Nah itu fase terakhir overthinking parah gue. Setelah itu gue udah mendingan, udah ga sekacau yang kemarin-kemarin, dan akhirnya gue bebas dari overthinking itu. 

Pas gue udah balik kaya semula, gue sadar apa yang bikin gue overthinking keterusan kaya gitu. Gue ga deket sama Allah. Iya, karena di minggu itu, asrama gue lagi quarantine dan kerjaan gue cuma main, baca buku, denger lagu, dan hal-hal wasting time lainnya lah, ibadah pun ya sekedar buat ngejalanin kewajiban aja dan pada waktunya aja. Bukan ibadah yang bener-bener. Karena emang pas saat itu semua fasilitas lagi tersedia mulai dari buku bacaan sampai gadget semua ada. 

Bisa dibilang pas minggu itu yang gue lakuin tuh not usefull banget lah. Saat itu gue pikir dengan semua kesenangan itulah cara terbaik buat ngilangin overthinking. Tapi ternyata salah besar. Justru setelah gue benahin diri gue, mulai rajin ibadah lagi, terus ibadahnya bener-bener, curhat ke Allah, berdoa ke Allah, alhamdulillah akhirnya gue terbebas dari overthinking itu. Dan kali itu gue beruntung banget gue lagi di asrama, ada banyak temen yang seenggaknya bisa motivasiin gue, bisa nemenin gue ngejalanin overthinking itu dan pastinya bisa ngingetin gue kalo ternyata kuncinya ya deket sama Allah. Gue gatau lagi kalo pas gue ngerasain itu, dan gue lagi sendiri. Mungkin gue bisa beneran depresi kali ya, naudzubillah sih yaa. 

Setelah gue ngalamin overthinking itu, gue sadar mungkin kebanyakan orang disana yang stress, depresi, bahkan sampai berniat bunuh diri itu karena jauh dari tuhannya. Meski gue tau disana ada banyak orang yang bilang gaada kaitannya mental illness sama kedekatan kita sama Allah. Overthinking ini salah satu contoh kecilnya, ternyata emang Allah itu sumber ketenangan dan tempat bergantung yang tepat. Dan ketika lu nyempetin waktu buat Allah, Allah gaakan sungkan buat bantuin lu. 

Yaa, i'm not a pro. Jadi itu semua cuma pendapat dan kesimpulan gue aja setelah oeverthinking yang gue alami. Sekian cerita gue kali ini. Terakhir gue mau ngucapin makasi banyak buat temen-temen gue yang udah terus nemenin, men-support dan nyadarin gue selama gue overthinking. Thanks a lot guys <3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngaca Dulu

Opening