Ngaca Dulu



Hi there!

Di tulisan aku kali ini aku bakalan bahas tentang ngaca. Bukan ngaca ke cermin buat begayaan tapi ngaca ke diri sendiri. Kayak gimana sih ngaca ke diri sendiri tuh? Nah point ini yang bakalan aku bahas di tulisan kali ini.

Kita mungkin masih sering ngejudge orang seenaknya, ngasih hate speech baik itu secara langsung atau lewat media sosial seenaknya, atau bahkan menilai orang seenaknya tanpa kita ngaca dulu. Tanpa kita tahu kebaikan siapa yang lebih banyak. Bisa jadi kebaikan orang yang kita nyinyirin itu lebih banyak. Gaada yang tau kan. Atau kadang kita nyinyirin orang karena orang itu melakukan suatu hal yang sebenernya kita sendiri pun suka ngelakuin hal tersebut. It's really a vain work. Why? Karena percuma kalau kita nyinyirin orang itu tapi kitanya sendiri ngelakuin hal yang sama itu gaada gunanya. Orang yang kita nyinyirin pun gaakan berubah, toh kitanya juga ngelakuin hal yang sama. 




Atau contoh lainnya misal nih kita belum shalat terus kita ngingetin orang buat shalat. Kalau orangnya itu gak tau kita belum shalat mungkin it's oke dia bakalan ngelaksanain shalat. Tapi kalo orangnya itu tau kalau kita belum shalat apa dia bakal ngikutin suruhan kita? Yang ada mungkin orangnya ngebalikin ke kita atau bilang 'ngaca dulu deh!'. Ya, kita harusnya ngaca dulu sebelum kita ngingetin orang, nyinyirin orang atau ngejudge orang.


FYI aja jadi ada hadits Rasulullah yang menceritakan tentang keadaan kita saat dibangkitkan di padang mahsyar. Salah satunya ada yang dibangkitkan dengan keadaan perutnya sangat sakit hingga ia berputar putar di tanah dan perutnya terus membesar. Padahal semasa hidupnya ia suka berceramah dan menyeru pada kebaikan. Dan ternyata ia adalah orang yang menyeru pada kebaikan namun ia tidak melakukan kebaikan itu dan ia juga adalah orang yang melarang keburukan namun ia melakukan keburukan tersebut. (Buat yang mau tau lebih tentang ini boleh kunjungi link youtube berikut https://youtu.be/4UUnl8c6ZzI)

Ya jadi inti yang bisa aku tangkap dari materi ini ngingetin sesama itu boleh, bagus malah tapi kita juga harus ngaca dulu sebelum bertindak. Manusia itu kan pasti pernah berbuat kesalahan dan sewaktu waktu bisa khilaf, tapi jangan sampai nunggu jadi baik buat ngingetin. Selagi kita ngingetin kitanya juga harus terus bertekad dan berusaha jadi lebih baik dan jangan lupa ngaca dulu. Dan dengan kalian ngingetin orang lain dan kalian ngaca ke diri kalian sendiri tiap hari inshaallah itu juga bisa jadi peringatan buat kita berubah dan jadi lebih baik lagi.

Ini cuma opini aku aja sih. Sekian dari aku, semoga tulisannya bisa bermanfaat dan bisa jadi self reminder buat kita semua. Dan buat kalian yang mau beropini lagi atau mau nambahin tulisan aku boleh banget, bisa ditulis di kolom komentar. Makasi semuanya yang udah mampir ke blog aku :)






Komentar

  1. Motivasii bangett buat aku kakk

    BalasHapus
  2. Sepakat. Kadang manusia gak sadar akan hal itu. Padahal sebenernya ngaca dulu atau instrospeksi terlebih dulu sebelum bertindak. Takutnya kalau gak sesuai dengan perbuatan nya ya berabeh juga. Malu sendiri.

    BalasHapus
  3. keyne!! gk sengaja nemu blog ini, taunya beneran keyne

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk. Btw, nemu Blog ini darimanaa?

      Hapus
    2. aku nemu komenan km di salah satu blog gt

      Hapus
  4. Bener banget tuh ka, sebelum ngatain orang harus nya ngaca dulu .

    Mampir ke blog aku juga ya ka

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Overthinking

Opening